Tutorial Save File .HTML di aplikasi Adobe Dreamweaver


Ketika gue nulis tulisan ini pagi, jadi selamat pagi semuanya. Ketika gue nulis ini gue baru banget bangun tidur dan kaget dengat reminder di hp kalo gue harus membuat artikel tutorial di blog gue ini. Mungkin artikel tutorial ini menjadi yang pertama, dan mungkin yang terakhir, ya mungkin (kalo kata anak zaman sekarang sih “jalanin aja dulu” haha).

Oke kali ini serius. Umumnya gue akan memberikan tutorial tentang aplikasi yang bernama Adobe Dreamweaver. Mungkin sebagian orang tahu apa fungsi dari aplikasi ini, mungkin sebagian lagi tidak. Gue kasih tau filosofinya dulu ya guys, dreamweaver terdri dari dua kata yaitu dream yang dalam bahasa inggris mimpi dan weaver yang artinya tukang tenun.

*Tiba tiba ada pembaca yang langsung komen*:
Q: Oh gue tahu itu aplikasi apa!
A: Wih pinter nih kayanya. Coba dijelaskan mba (ceritanya cewe yang komen).
Q: enak aja gue dipanggil mba, emang gue mba lu?!
A: yaudah maaf kalo gasuka dipanggil mba, silahkan mas
Q: zzzzz.... jadi adobe dreamweaver tuh aplikasi buat seseorang yang ga kesampean buat jadi penenun handal. Ketika orang yang nanti menggunakan aplikasi ini, dia akan bermimpi menjadi penenun, saya benar kan?
A: *hening seketika **tiba tiba disconnect* *tiba-tiba pensiun jadi blogger*

Baiklah sudahi semua omong kosong ini. Sepertinya lebih banyak omong kosongnya daripada isinya HAHAHAHAHAHA.

Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana menyimpan file .HTML .

Langkah pertama:
Buka aplikasi Adobe dreamweaver (jika anda tidak punya aplikasinya, hal yang anda lakukan adalah mematikan komputer anda dan tidurlah). Di komputer saya, Adobe dreamweaver CS6, bila anda hanya memiliki CS5 ataupun versi terdahulu tidak masalah, asalkan anda yakin aplikasi yang anda buka tersebut Adobe Dreamweaver.

Kemudia setelah dibuka akan muncul tampilan seperti ini

Karena kali ini saya akan menjelaskan cara menyimpan file .HTML, maka pilih html. Kemudia setelah itu akan muncul tampilan seperti ini.

Untuk mempermudah pengoperasiannya klik “split” dan kemudian akan muncul tampilan seperti ini.

Isi sesuka anda, lakukan apa yang ingin anda lakukan sebebas-bebasnya pada tampilan tersebut.

Jika sudah dan anda ingin menyimpannya, maka klik file kemudian save as.

Pilih lokasi dimana anda menyimpan file tersebut. Kemudia ketik nama sesuka anda dan diikuti oleh tulisan .HTML lalu save

Kemudian buka file yang sudah di save tadi,

maka akan mucul tampilan seperti ini di web browser anda.
 
Selesai!
Oke tanpa basa basi nantikan tutorial dari gue yang selanjutnya. Selamat pagi *lanjut tidur*

0 komentar:

Posting Komentar